Minggu, 13 September 2009

National Park of Gede mountaint

17/Juli/20.00wib (Jum'at)

Malam itu gw tiba dirumah Sudar dengan berjalan kaki dari rumah (sekitar 500m) disusul mba Helen pukul 22.30 dengan APV-nya yang baru berumur satu tahun^^

Sejak awal kami memang memutuskan membawa dua carrier satu tas daypack walaupun mba Helen membawa carrier juga semua itu bertujuan agar saya bisa membawa tas daypack apabila mba Helen sudah tidak kuat lagi, setelah berkemas kami bergegas langsung menuju ke Cibodas.

18/Juli/01.30wib (Sabtu)

Hanya sekitar dua jam untuk bisa sampai di Cibodas, kami langsung menuju posko Green Rangers dan bertemu langsung dengan bang Adnan selaku senior di Green Rangers, sedikit birokrasi kami lewati agar kami bisa diizinkan melakukan pendakian di Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP), memang diantara kami (saya, Sudar dan mba Helen) tidak ada yang sempat untuk melakukan survei ke Cibodas sebelum hari pendakian tapi kami sudah fax data-data kami dari jauh-jauh hari, memang gunung Gede menjadi gunung yang agak ribet birokrasinya sejak ditetapkan sbg taman nasional, tujuannya memang untuk membatasi jumlah para pendaki yang notabennya bukan menikmati alam tetapi merusaknya, entah apa yg ada dipikiran mereka yang suka buang sampah sembarangan, corat-coret sana-sini, tebang sana sini tanpa alasan yang tidak jelas...*dasar orang gila!!*

oke gw lanjutkan dengan cerita perjalanan kami, setelah kami mendapatkan izin, kami memutuskan segera beristirahat di posko Green Rangers untuk lebih fit saat pendakian pagi hari nanti, pukul 05.00 kami dibangunkan oleh salah satu anggota Green Rangers untuk ikut serta dalam rombongan pendaki yang sudah membooking untuk 70 orang, katanya kami bisa ikut dalam izin rombongan mereka, karena aktual rombongan tsb hanya skitar 50 orang saja. Berangkatlah kami menggunakan angkot bersama mereka menuju jalur gunung Putri dari Cibodas, pukul 08.18 kami mulai melakukan pendakian setelah sebelumnya kami sarapan ala kadarnya di salah satu warung yang ada dekat dengan pos gunung Putri. Setelah kami melewati pos, kami memutuskan untuk memisahkan diri dari rombongan tsb.

Pukul 12.30 kami sampai di shelter Buntut Lutung, kami memutuskan untuk makan siang disana, beberapa nuget ditemani sambel ikan teri asin buatan istri Sudar mengoyang lidah kami, hmmm... yummy....:)

setelah itu kami melanjutkan perjalanan, Huuufff....!!! lumayan cape apalagi setelah saya membawa tas mba Helen...^^ *ikhlas koq mba...:)* kami coba terapkan 20 menit jalan, 5 menit istirahat, tapi ya... namanya juga rencana...ngalor2 dikit gpp khan...hehehe...

pukul 16.27 akhirnya kami tiba di Surya Kencana, kami beruntung ternyata Edelweis disana sedang mekar-mekarnya... coba bayangkan hamparan Surya Kencana yang begitu luas dipenuhi dengan pohon Edelweis yg sedang mekar...so beautiful...:)

lalu kami memutuskan untuk mendirikan tenda di alun-alun bagian Barat, setelah menemukan tempat yang pas, sesegera mungkin kami dirikan tenda berhubung hari sudah gelap dan cuaca sudah mulai dingin *brrr..brr...brrr…* sebelum tidur kami sempatkan untuk menikmati Koko Crounch dan nasi yang ditemani nuget, corned dan sisa sambal ikan teri asin, setelah kenyang kami bergegas tidur agar stamina benar-benar fit untuk perjalanan esok pagi.

19/Juli/07.00wib (Minggu)

Gw bangun lebih awal saat itu, karena memang sudah tidak nyenyak sejak mulai pukul 03.00 karena kedinginan, setelah semua bangun gw segera menyiapkan sarapan, telur corned dan merebus air untuk kopi di pagi hari, setelah sarapan kami memutuskan segera berkemas untuk melanjutkan ke puncak Gede, sekitar pukul 08.40 kami mulai pendakian, akhirnya pada pukul 09.56 kami sampai juga di puncak Gede, itu pengalamn pertama untuk mba Helen di puncak Gede *Congratulation mba Helen!!!*

butuh waktu setengah jam untuk foto-foto dan menikmati indahnya pemandangan dari puncak Gede, setelah itu kami segera bergegas untuk melakukan perjalanan turun, sekitar pukul 12.33 kami tiba di shelter Kandang Badak, kami putuskan untuk makan siang dengan mie goreng dan mie rebus *lumayan mengganjal perut*

lalu kami lanjutkan kembali perjalanan, huuuufff.....!!! lumayan cape, apalagi setelah membawa tas mba Helen...hehehe *bener koq mba saya ikhlas...:)* sekitar pukul 17.00 akhirnya kami tiba di shelter Panyangcangan, sedikit beristirahat lalu kami lanjutkan kembali perjalanan dan finally kami tiba di shelter terakhir pukul 18.13, banyak hal lucu yg kami alami selama perjalanan kami, mulai dari kaki mba Helen yg pandai menari sampai Sudar yg teriak saut-sautan entah dgn siapa??? *iioooyyy...ioooyyy....!!!!* hehehe....

anyway, terima kasih for gunung Gede, banyak hal yg kami dapatkan dari perjalanan ini yg tidak bisa kami dapatkan di kota-kota, dimulai dari pemandangan yg luar biasa dan udara yg kaya akan oksigen tentunya..:)

bye…bye…. and see you again Gede, may be I will comeback someday!